Sebuah pesawat terbang melewati gumpalan asap dari letusan gunung berapi Grimsvotn dibawah glasier Vatnajokull di Islandia tenggara. (FOTO ANTARA/REUTERS/Olafur Sigurjonsson)
Berita Terkait
Video
Brussel (ANTARA News) - 450 penerbangan telah dibatalkan di Jerman, Rabu, karena abu vulkanik dari sebuah gunung api di Islandia, tapi esoknya diperkirakan hanya akan terjadi sedikit gangguan, kata badan pengawas lalu-lintas udara Eropa seperti dikutip AFP.

Badan yang bermarkas di Brussel itu memperkirakan bahwa lebih banyak lagi pembatalan penerbangan yang mereka prediksi 700 penerbangan akan dibatalkan.

Ketika area konsentrasi abu bertumpuk di Jerman utara, "Kira-kira 450 penerbangan telah dibatalkan di wilayah udara Jerman, kebanyakan mempengaruhi bandara di Bremen, Hamburg dan Berlin", kata badan itu.

"Pada hari biasa, bandara-bandara itu biasanya melakukan sekitar 120, 480 dan 530 penerbangan masing-masing. Bandara-bandara Jerman sekarang ini telah dapat lagi diakses sepenuhnya," kata Eurocontrol.

Tutupan abu vulkanik gunung Grimsvoetn di Islandia itu diperkirakan menghilang semalam, kata Eurocontrol, mengutip Pusat Laporan Abu Vulkanik di London.

Besok (Kamis), demikian badan itu, dampak signifikan abu vulkanik tak akan lagi menimpa wilayah udara Eropa.