Jakarta (ANTARA News) - Partai Demokrat dan Partai Komunis Tiongkok menandatangani Memorandum of Undestanding (MoU) guna memperkuat kerjasama kedua partai dimasa depan.

"DPP Partai Demokrat kemarin menerima Partai Komunis Tiongkok di kantor DPP PD. Keduanya juga bersepakat menandatangani Mou untuk mempererat kerjasama keduanya," kata Ketua DPP PD Bidang Hubungan Internasional Nurhayati Ali Assegaf di Gedung DPR RI di Jakarta, Senin.

Mou itu, kata Nurhayati, berisi keinginan untuk saling kunjung-mengunjungi antar-petinggi partai, pelatihan kader muda kedua partai, dan membuka hubungan kerjasama untuk kepentingan bangsa dan negara.

"Misalnya kedua partai sepakat menjalin kerjasama ekonomi, perdagangan investasi, memfasilitasi dan memperlancar hubungan hubungan kedua negara melalui partai," ujar anggota DPR RI itu.

Partai Komunis Tiongkok yang dipimpin langsung oleh Ketua Biro Politik Li Yan Chau itu diterima oleh Ketua Umum PD Anas Urbaningrum, Sekjen PD Edhie Baskoro Yudhoyono dan sejumlah petinggi PD lainnya.

MoU untuk mempererat kerjasama kedua partai ditandatangani oleh Nurhayati Ali Assegaf dan Ketua International Relation Department Partai Komunis Tiongkok Ms Yang Yanyi.